PENELITIAN PENGEMBANGAN (RESEARCH & DEVELOPMENT)
Menurut Winarno (2011:76) pengembangan merupakan penelitian yang berupa mengembangkan produk tertentu sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall (1983:775). Langkah-langkah rancangan tersebut adalah sebagai berikut.
(1)
Research and
information collecting-Includes review of literature, classroom observation,
and preparation of report of state of the are, (2) Planning-Includes defining skills, stating objectives determining course
sequene, and small scale feasibility testing, (3) Develop preliminary form of product-Includes preparation of
instructional materials, handbook, and evaluation devices, (4) Preliminary field testing-Conducted in from
1 to 3 schools, using 6 to 12 subjects. Interview, observational and
questionnaire data collected and analyzed, (5) Main product revision-Revision of product as suggested by the
preliminary field test result, (6) Main
field testing-Conducted in 5 to 15 schools with 30 to 100 subject. Quantitavie
data on subject precourse and postcourse performance are collected. Result sre
evaluated with respect to course objective and are compared with control group
data, when appropriate,(7) Operational
product revision-Revision of product as suggested by main field test result,
(8) Operational filed testing-Conducted
in 10 to 30 schools involving 40 to 200 subject. Interview, observational and
questionnaire data collected and analyzed, (9) Find product revision-Revision of product as suggested by operational
filed test result, (10) Dissemination
and implementation-Report on product at professional.
Prosedur yang dikemukakan oleh Borg dan Gall di atas tentu
saja bukan merupakan langkah-langkah yang baku. Menurut Ardhana (2002:9) prosedur
pelaksanaan penelitian pengembangan bukan merupakan langkah-langkah yang baku,
yang harus diikuti secara kaku. Setiap pengembang tentu saja dapat memilih dan menentukan
langkah-langkah yang paling tepat bagi dirinya berdasarkan kondisi khusus yang
dihadapinya dalam proses pengembangan. Jadi dalam penelitian pengembangan kita dapat memlihi alur sesuai dengan kebutuhan peneliti berdasarkan kondisi di lapangan. menurut Valentino bagan penelitian pengembangan dalam skripsinya yang berjudul "Penegembangan Media Buku Saku tentang Signal-Signal Wasit Futsal pada Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMKN 6 Kota Malang" adalah sbb;
1. Analisis Kebutuhan (need assesment)
2. Pembuatan Rancangan Produk Awal
3. Validasi Produk ke Ahli/Justifikasi
4. Uji Coba I (Kelompok Kecil)
5. Revisi Produk
6. Uji Coba II (Kelompok Besar)
7. Revisi Produk Akhir
Demikianlah yang dapat saya share dengan teman-teman, semoga ilmu kita bermanfaat..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar