RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP ............................................................
Mata pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VII (tujuh) / 2
Alokasi Waktu : 2 x
45 menit (1 X Pertemuan)
Standar Kompetensi :10.Mempraktikkan
teknik dasar senam lantai
dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar :10.1
Mempraktikkan teknik dasar gerak guling depan
serta nilai
kedisiplinan, keberanian, keberanian, tanggung jawab
Indikator :
1.
Teknik
dasar guling depan:
a.
Sikap
awal (sikap tungkai, kaki/tumit, badan, lengan, tangan, dagu, dan
kepala/tengkuk)
b.
Sikap
berguling (posisi leher, punggung, gerak lengan dan tungkai)
c.
Sikap
akhir (posisi badan, sikap lengan, dan pandangan)
2.
Kedisiplinan
(kesesuaian tindakan dengan aturan, instruksi, norma)
3.
Keberanian
(melaksanakan tugas gerak (instruksi atau inisiasi) dalam frekuensi yang
memadai (berulang-ulang), percaya diri, bersemangat.
4.
Tanggungjawab
(menjaga keselamatan diri dan teman, bekerjasama, keteraturan/ketertiban dalam
menjalankan tugas gerak)
Tujuan Pembelajaran
1.
Diberi
gambar rangkaian gerakan guling depan, siswa dapat mengurutkannya sesuai dengan
sistematika yang benar
2.
Siswa
dapat membedakan teknik yang benar dan yang salah dari gerakan guling depan mulai
dari sikap awal, saat berguling sampai sikap akhir
3.
Siswa
dapat melakukan gerakan guling depan mulai dari sikap awal, saat berguling
sampai sikap akhir sesuai dengan urutan yang benar
4.
Siswa mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku selama pembelajaran
5.
Siswa bersedia
melakukan latihan guling depan secara berulang dengan antusias
6.
Siswa mampu menjaga keselamatan diri sendiri dan temannya
selama menjalankan pembelajaran guling depan
Materi
Pokok :Guling ke depan (front roll)
a.
Teknik awalan
1)
berdiri tegak
pada sikap awal
2)
kaki rapat pada
sikap awal
3)
pandangan lurus
kedepan pada sikap awal
4)
kedua lengan keatas membentuk huruf : ”V” pada sikap awal
5)
tumpuan terletak kedua
telapak tangan dan kedua kaki diatas matras dengan sudut < 60
6)
kedua tumit diangkat atau
jinjit
7)
leher ditekuk ke
depan/menundukkan kepala hingga dagu menempel ke dada
8)
tengkuk
diletakkan diatas matras
9)
Berguling ke
depan dengan cara menggelindingkan
punggung, disertai ayunan lengan dari atas ke bawah depan
b.
Teknik saat
berguling
1)
Melecutkan kedua kaki hingga
tumit merapat dengan pantat
2)
Meletakkan kedua telapak kaki di atas matras
3)
Mengayun kedua tangan dari atas
sampai lurus kedepan hingga badan
seimbang pada posisi jongkok
4)
Berdiri tegak pada
sikap akhir
c.
Teknik akhiran
1)
Merapatkan kaki pada sikap
akhir
2)
Memandang lurus
kedepan pada sikap akhir
3)
Meluruskan kedua lengan ke bawah membentuk
huruf “V” pada sikap akhir
Metode Pembelajaran :
Ceramah, penugasan, diskusi, demonstrasi, berpasangan-timbal balik (resiprokal)
Sumber Pembelajaran :
Buku Olympic Gymnastics oleh Akitomo Kaneko.
Media &
Alat Pembelajaran : Kartu bergambar, matras, kapur tulis.
Langkah-langkah Pembelajaran:
TAHAPAN
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PENGELOLAAN
|
|||||||
A.
PENDAHULUAN
1.
Pengantar pembelajaran
2.
Stretching aktif posisi berdiri.
|
a.
Guru
membariskan siswa
b.
Guru
melakukan apersepsi
Guru
memimpin strectchingaktif dimulai
dari anggota badan bagian atas ke bagian badan bawah (lihat gambar)
|
4 menit
6 menit
|
Klasikal
|
|||||||
3.
Kalestenik menggunakan alat bantu
|
Guru memimpin kalestenik. Tugas gerak
siswa adalah dengan berdiri atau duduk siswa mengoper alat bantu ke temannya
dengan berbagai gerakan (memutar badan ke kiri dank e kanan, membusurkan
badan ke belakang, membungkukkan badan) lihat gambar
|
5 MENIT
|
- Kelompok
- Klasikal
|
|||||||
4.
Kalestenik pengantar guling depan
|
5 menit
|
klasikal
|
||||||||
B.
INTI
1. Eksplorasi
|
a. guru membagi siswa menjadi 4 (empat) kelompok (atau
sesuai dengan jumlah matras yang dimiliki)
b. kelompok siswa berbaris menghadap matras masing-masing (1
matras untuk 1 kali gulingan)
X X X X X
(siswa)
X X X X X(siswa)
c. guru melakukan eksplorasi, yaitu menyuruh siswa untuk
guling depan sesuai dengan kemampuan masing-masing (satu siswa minimal
melakukan 3 kali guling depan)
d. guru mengamati gerakan siswa untuk mengidentifikasi
kemampuan awal siswa (mana siswa yang sudah bagus gerakannya dan mana yang
masih kurang) dan mencermati kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
sebagaian besar siswa
|
10 MENIT
|
Klasikal
kelompok
|
|||||||
2.
elaborasi
3.
konfirmasi
|
e. guru mengumpulkan siswa untuk melakukan tanya jawab
singkat tentang “perasaannya”
selama melakukan guling depan
f. siswa mengamati demonstrasi temannya dalam guling depan
(demo yang benar dan demo yang kurang benar). Guru membantu memfokuskan
amatan pada kunci-kunci gerakan (awalan, saat berguling dan akhiran)
g. setelah mengamati, siswa disuruh menyimpulkan sendiri kunci-kunci
gerakan yang benar, kemudian dicobakan kembali dalam kelompok (minimal 3 kali
guling)
|
10 menit
|
Klasikal
kelompok
|
|||||||
h. guru memfasilitasi masing-masing kelompok dengan
beberapa gambar rangkaian gerakan guling depan, kemudian menyuruh kelompok
siswa untuk mendiskusikan dan mengurutkan gambar tersebut sehingga menjadi
rangkaian gerakan guling depan yang sistematis
i. secara berpasangan,
satu siswa( X1/X2) mempraktikkan urutan yang telah disusun, sedang
siswa satunya (X3/X4) menjadi pengamat
dan membantu membetulkan gerakan (bergantian)
X1 X2
X3
X4
|
10 menit
|
pasangan
|
||||||||
j. guru menggabung empat kelompok menjadi dua kelompok dan
matras juga digabung sehingga menjadi lebih panjang (cukup untuk dua kali
gulingan). Masing-masing siswa melakukan latihan lagi sambil diamati dan
difasilitasi oleh siswa yang lain
secara bergantian
X X X X X
X (siswa pengamat)
X X X X X
X (siswa pengamat)
|
15 menit
|
Kelompok
pasangan
|
||||||||
k. menjelang akhir latihan inti, guru melakukan refleksi
–sintesis dengan cara menyuruh siswa
yang gerakannya benar untuk mendemonstrasikan guling depan, siswa lain mengamati
dan mengidentifikasi kunci-kunci gerakan, serta melakukan tanya jawab
X
XXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX
|
5 menit
|
klasikal
|
||||||||
C.
PENUTUP
|
a. Guru memimpin melakukan
Stretching seperti ketika pada
tahap pemanasan
b. Dilakukan sintesis bersama tentang kunci-kunci gerakan guling ke
depan
c. Berbaris, kemudian
pelajaran ditutup dengan berdoa dan atau bubar barisan.
|
5
menit
|
Klasikal
|
Penilaian
Aspek
yang dinilai selama pembelajaran berlangsung meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaian
dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan, yaitu, guru mencermati kinerja siswa selama pembelajaran
berlangsung. Instrumen yang digunakan dalam penilaian adalah format pengamatan.
Dengan alat bantu pengamatan itu, guru melakukan pengukuran terhadap ketiga
ranah tersebut, Pengamatan Unjuk Kerja (psikomotor):
a.
Prosedur
Selama
pembelajaran berlangsung guru mengamati unjuk kerja siswa dalam melakukan
guling depan, sehingga akan diperoleh skor unjuk kerja yang ditulis dalam format berikut ini
FORMAT PENILAIAN PSIKOMOTORIK
NO
|
NAMA
|
NILAI PSIKOMOTORIK
|
KETERANGAN
|
1
|
Peskoran dengan menggunakan skala ordinal
1 : sangat tidak benar/terampil
2 : tidak benar/terampil
3 : cukup benar/terampil
4 : benar/terampil
5 : sangat benar/terampil
|
||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
Dst...
|
b. Rubrik Penilaian
UNJUK
KERJA TEKNIK GULING DEPAN
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A.
AWALAN
1.
Berdiri tegak
pada sikap awal
2.
Kaki rapat pada sikap awal
3.
Pandangan lurus kedepan pada sikap awal
4.
Kedua lengan
lurus keatas membentuk huruf “:V” pada sikap awal
5.
Kedua telapak
tangan dan kedua kaki menyentuh matras dengan sudut < 60 saat bertumpu
6.
Mengangkat tumit atau jinjit
7.
Menekuk
leher/menundukkan kepala hingga dagu menempelkan ke dada
8.
Tengkuk
diletakkan/menumpu di matras
B.
SAAT BERGULING
1.
Berguling ke depan dengan cara membusurkan
punggung pada saat berguling, disertai ayunan lengan dari atas ke bawah depan
2.
Kedua kaki dekat
dengan pantat
3.
Meletakkan
telapak kaki di atas
matras
4.
Kedua tangan
diayun dari atas hingga lurus kedepan hingga badan seimbang pada posisi jongkok
C.
AKHIRAN
1.
Berdiri tegak
pada sikap akhir
2.
Kaki rapat pada
sikap akhir
3.
Pandangan mata ke depan pada sikap akhir
4.
Kedua lengan lurus ke bawah membentuk huuf
“V” pada sikap akhir
|
|||||
JUMLAH
SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
50
Jumlah skor
maksimal
1.
Pengamatan Sikap (afeksi):
a. Prosedur
Selama
pembelajaran berlangsung, guru mengamati perilaku/afeksi siswa dalam
menjalankan tugas gerak.
b. Rubrik Penilaian
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A.
KEDISIPLINAN
1.
Mentaati
peraturan dalam berpakaian
2.
Mentaati
peraturan dalam hal waktu
3.
Mentaati
peraturan dalam penggunaan alat
4.
Berperilaku santun
5.
Melaksanakan tugas gerak sesuai instruksi
B.
KEBERANIAN
1.
Menjalankan
tugas gerak dengan semangat/antusias
2.
Melakukan
percobaan berulang-ulang
3.
Melakukan
gerakan dengan lancar (tidak ragu-ragu)
4.
Menunjukkan
rasa percaya diri
5.
Memiliki
inisitif-kreatif dalam menjalankan tugas gerak
C.
TANGGUNG JAWAB
1.
Menjaga keselamatan diri sendiri
2.
Menjaga keselamatan teman
3.
Menjalankan tugas sesuai instruksi/sungguh-sungguh
4.
Bekerja sama/saling membantu
5.
Menjaga ketertiban selama proses pembelajaran
|
|||||
JUMLAH SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
=
----------------------------------------- X 30
Jumlah
skor maksimal
2.
Pengukuran Kognitif ( Kuis)
a.
Prosedur
Selama pembelajaran berlangsung, siswa diberi tugas
untuk menjawab pertanyaan yang relevan dengan tujuan pembelajaran, yaitu teknik
melakukan guling depan, yang meliputi teknik awal, saat berguling dan teknik
akhir.
b.
Rubrik Penilaian
NO
|
PERTANYAAN
|
KUALITAS JAWABAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Jelaskan sikap yang baik
pada saat awalan guling depan
|
|||||
2
|
Sebutkan dan jelaskan empat
kunci gerakan yang penting, agar gerakan berguling dapat berhasil dengan baik
|
|||||
3
|
Jelaskan sikap yang baik
pada akhir gerakan guling depan
|
|||||
SKOR
YANG DIPEROLEH
|
||||||
SKOR
MAKSIMAL
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
=
----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
-
NILAI
AKHIR SISWA:
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH
............................................ ..............................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar